Tanda Bayi Alergi Susu Sapi

Tanda Bayi Alergi Susu Sapi

Seorang ibu pastilah menginginkan hal yang terbaik bagi anaknya. Karena itu, dalam memberikan susu formula atau susu sapi tentunya harus sangat diperhatikan. Hal ini dikarenakan ada banyak anak alergi susu sapi. Agar anak terhindar dari alergi yang bisa membahayakannya, ibu harus tahu tanda bayi alergi susu sapi.

Seperti yang kita tahu bahwa alergi pada bayi dan anak memanglah berbahaya. Untuk alergi susu sapi pada bayi sampai umur berapa, maka jawabannya yaitu sekitar dua tahun yang kebanyakan seiring berjalannya usia menghilang. Walau tentunya hal ini tidak berlaku global namun berbeda pada setiap anak.

Penyebab munculnya tanda alergi susu sapi pada anak dan bayi ini dikarenakan tubuh anak punya sistem kekebalan yang gunanya melindungi dari kuman bakteri dan infeksi. Nah, pada anak yang menderita alergi, kandungan protein dalam susu dianggap sebagai ‘zat jahat’ atau dalam bahasa medisnya disebut alergen yang berbahaya bagi tubuh sehingga sistem kekebalan memunculkan suatu reaksi alergi.

Selain, penyebab munculnya tanda bayi alergi susu sapi juga bisa dikarenakan saluran pencernaan bayi belum berfungsi dengan optimal sehingga protein dalam susu formula atau susu sapi tak dapat dicerna sebagai mana mestinya. Karena itulah, susu formula untuk bayi alergi susu sapi harus yang khusus dan tidak boleh sembarangan. Susu untuk bayi alergi susu sapi harus dikonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sehingga cocok untuk anak tanpa menyebabkan alergi yang berbahaya.

Ciri Ciri Anak Alergi Susu Sapi :

1. Munculnya Ruam dan Gatal-Gatal 
Ciri ciri alergi susu sapi pada bayi yang pertama yaitu munculnya gatal-gatal serta ruam yang ada di kulit anak atau bayi. Dalam hal ini bisa juga muncul eksem yang berupa kulit kering dan bersisik, terutama pada area dahi. Tanda ini merupakan gejala alergi susu sapi yang paling gampang diamati oleh orang tua.

2. Mual dan Muntah
Tanda bayi alergi susu sapi berikutnya yaitu mual dan muntah. Hal ini dikarenakan adanya reaksi penolakan dari sistem pencernaan anak atau bayi yang belum sempurna. Tanda ini juga cukup mudah diamati.

3. Rewel dan Tidak Nyaman 
Saat bayi atau anak rewel dan terlihat tidak nyaman, orang tua juga harus waspada. Hal ini bisa juga menjadi reaksi alergi yang membuat anak merasa kesakitan. Terlebih saat anak seolah menolak saat diberikan susu formula. Bisa jadi ini merupakan tanda bayi alergi susu sapi di mana ia merasakan perutnya sakit, kembung, atau reaksi alergi lainnya.

4. BAB berdarah atau Diare dan Konstipasi 
Tanda alergi berikutnya yaitu saat anak mengalami diare, di mana BAB miliknya encer dan berkali-kali dalam sehari. Atau bisa juga bayi atau anak justru tidak BAB dalam beberapa hari. Saat inilah orang tua harus waspada dengan kemungkinan alergi anak terhadap susu sapi. Karena reaksi dari sistem pencernaan ini adalah reaksi yang biasa terjadi saat anak alergi.

Atau bisa juga area anus atau rektum anak terdapat kemerahan. BAB miliknya berdarah atau berbau busuk sekali juga merupakan tanda alergi yang berbahaya. Untuk itulah orang tua harus memperhatikan asupan susu sapi anak agar gizi anak tetap tercukupi tanpa terkena alergi.

Demikian berbagai tanda bayi alergi susu sapi yang harus orang tua pahami. Dengan tahu aneka ciri alergi, tentunya orang tua bisa menjadi lebih waspada dan menghindarkan anak dari alergen yang akhirnya bisa membuat alergi susu sapi pada bayi bisa hilang sesuai keinginan. Baca juga: makanan untuk mencerdaskan anak di masa keemasan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »