Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak
Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak. Gusi bengkak atau dalam medisnya disebut Gingivitis merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Umumnya sumber utamanya yakni adanya bakteri di  dalam rongga mulut kemudian menginfeksi membentuk plak hingga mengeras dan menjadi karang gigi. 

Jadi tidak heran, bila orang-orang yang mengalaminya pasti tersiksa sekali bahkan merasa tidak nyaman sepanjang hari. Penyebab paling utama biasanya karena kita kurang menjaga kesehatan maupun kebersihan mulut seperti mengkonsumsi manisan terlalu berlebihan, pemakaian kawat gigi atau behel yang cukup rapat, alergi makanan, kurang asupan vitamin C dan masih banyak lainya. 

Sebagai solusi sederhana, tips mengobati gusi bengkak secara alami nampaknya cocok untuk meredakan rasa sakit disamping sekaligus menjadi obat tradisional sehingga mampu menyembuhkan pembengkakan pada gusi tanpa ada efek samping membahayakan. 

Meski demikian, ketika rasa sakitnya tak bisa berhenti atau tak terobati dalam beberapa hari ke depan, sebaiknya sangat disarankan melakukan pemeriksaan medis atau langsung berkonsultasi pada dokter gigi di dekat likungan rumah anda agar mendapat terapi medis lebih lanjut.

Berikut 14 Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

1. Asam Jawa
Siapa sangkat dalam asam jawa terdapat vitamin C yang cukup tinggi. Artinya dapat berguna untuk mengobati gusi bengkak karena mampu berperan aktif sebagai peningkat sistem imum. Dengan adanya peningkatan imut, maka kuman atau bakteri yang menyebabkan gusi bengkat dapat teratasi segera.

Cara mengobati gusi bengkak dengan asam jawa - ambil biji asam seckupnya - sangrai dan tumbuk sampai halus/lembut - kemudian gosokkan biji tersebut ke bagian gusi yang bengkak - lakukan secara perlahan seperti menyikat gigi - terakhir kumurlah pakai air bersih. 

2. Bayam
Berikutnya adalah sayuran bayam. Ya, memang benar selain kaya akan kandungan zat besi, sayuran ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak. 

Tips mengobati gusi bengkak dengan bayam - ambil beberapa lembar daun yang masih segar - cuci bersih lalu bakar diatas genteng - setelah bewarna agak kecoklatan tumbuhlah daun tersebut sampai halus - terakhir oleskan ramuan daun bayam di bagian gusi yang bengkak. 

3. Daun Krokot
Pernah dengan daun krokot? mungkin anda akan kaget karena memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai obat tradisional untuk mengatasi gusi bengkak. Penasaran kan? berikut tatacara pembuatanya

Cara mengobati gusi bengkak dengan daun krokot - pertama ambil secukupnya lalu cuci bersih - rebus menggunakan 3 gelas air - tunggu sejenak dan sisakan sampai menjadi 1 gelas - kemudian minum air rebusanya maksimal sekali dalam sehari secara rutin. 

4. Bawang Putih
Selain dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dipercaya mampu meredakan sakit gigi karena mengandungan antiseptik cukup tinggi. Jadi dapat meminimalisir masalah kesehatan gigi termasuk gusi bengkak akibat peradangan kuman atau bakteri. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan berlebihan juga kurang baik bagi tubuh sehingga gunakan seperlunya saja. 

Tips mengatasi gusi bengkak dengan bawang putih - siapkan 1 atau 2 siung untuk dihaluskan terlebih dulu - lalu tambahkan garam sedikit - oleskan campuran kedua bahwan tersebut ke area gusi yang bengkak - diamkan selang waktu 5 menit agar kandunganya meresap sempurna - dan kumurlah menggunakan air bersih. 

5. Garam
Garam tak selalu menjadi bumbu pelengkap makanan melainkan dapat digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit karena memiliki sifat antibakterial seperti gatal-gatal, diare, mengatasi perut kembung sampai mengobati gusi bengkak. 

Caranya sama persis ketika kita terkena sariawan yaitu memasukkan garam ke dalam 1 gelas air hangat - lalu aduk sampai merata dan gunakan air tersebut untuk kumur-kumur beberapa kali. Umumnya, dilakukan selama 3x dalam sehari agar pembengkakan pada gusi segera menyusut atau menghilang. 

6. Jeruk Nipis
Sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi dibalik rasanya yang asam-asam manis, kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Artinya bisa pula dijadikan obat alami untuk mengatasi pembengkakan gusi sebagai pertolongan pertama. 

Caranya siapkan buah jeruk nipis segar lalu belah jadi dua - peras dan campurkan ke dalam 1 gelas air hangat - aduk sampai rata lalu gunakan untuk berkumur - bila ingin efektif lakukan saat pagi hari sebelum makan serta malam hari menjelang tidur agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat. 

7. Madu
Tak hanya digunakan untuk terapi kesehatan dan kecantikan, madu juga bisa dijadikan obat alami dalam mengatasi bibir kering karena kandungan vitamin E nya. Tapi, jangan sampai salah memilih madu abal-abal sejenis oplosan karena bisa membahayakan kesehatan.

Akan jauh lebih baik, jika kita membeli langsung dari tangan pertama agar bisa mendapatkan madu murni. Dan tahukah anda dibalik khasiat diatas tadi, ternyata madu mampu berperan aktif dalam meredakan gusi bengkak lho. 

Cara mengobati gusi bengkak dengan madu - sediakan secukupnya saja - lalu oleskan pada area gusi yang bengkak - lakukan selama 3x dalam sehari secara rutin agar hasilnya maksimal - waktu pengolesan sebaiknya dilakukan saat mulut dalam keadaan bersih (ketika akan tidur atau bangun di pagi hari). 

8. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh merupakan minyak buatan dari ekstrak cengkeh dimana banyak orang memanfaatkanya untuk mengobati radang tenggorokan. Selain itu, juga dipercaya mampu mengatasi masalah gusi bengkak

Adapun cara mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh -  awalnya siapkan sebanyak 1 sdm -  lalu oleskan minyak tersebut ke bagian gusi yang bengkak secara perlahan (pastikan tangan anda sudah bersih) - diamkan sejenak dan kumur pakaia air bersih - lakukan rutin 2x sehari hingga beberapa waktu kedepan agar hasil akhirnya sesuai harapan. 

9. Bawang Merah
 Bukan hanya bawang putih saja, bawang merah ternyata dapat digunakan sebagai obat alami untuk gusi bengkak. Bahkan bumbu dapur ini seringkali dimanfaatkan sebagian orang dalam menghilangkan kutil yang cukup efektif. Daripada kelamaan, ikuti langkahnya berikut. 

Tips alami mengatasi gusi bengkak dengan bawang merah - siapkan satu atau dua siung bawang (sudah dikupas dan dibersihkan) - haluskan terlebih dahulu - kemudian oleskan ramuan tersebut ke bagian gusi yang bengkak - diamkan sekitar 5 menit - dan kumur pakai air bersih - terapkan 2x sehari dalam seminggu jika ingin hasil yang optimal. 

10. Lemon
Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C sehingga biasa dijadikan bahan alami untuk kesehatan maupun kecantikan. Dan patut diketahui, buah yang ke delapan ini ternyata dapat dijadikan herbal alami dalam mengatasi sakit tenggorokkan hingga pembengkakan gusi. Mau tahu caranya? 

Cara meredakan pembengkakan gusi dengan lemon - ambil seperempat bagian lemo (segar) - campurkan ke dalam air hangat secukupnya -  aduk sampai merata lalu gunakan untuk berkumur - anda bisa melakukanya 2x sehari agar kandunga acid pada lemon bisa membunuh penyebab terjadinya peradangan pada gusi terutama bakteri atau kuman. 

11. Baking Soda
Apa yang terlintas di benak anda setelah mendengar kata "baking soda"? Ya, masyarakat cenderung mengartikanya sebagai cairan biasa padahal manfaatnya luar biasa banyak untuk kesehatan. Misalnya bisa menghilangkan panu di wajah, memutihkan gigi secara alami hingga sebagai herbal alami dalam mengobati pembengkakan gusi. 


Cara meredakan gusi bengkak dengan baking soda - campurkan 1/2 sdm baking soda dalam segelas air hangat - aduk terlebih dulu - kemudian gunakan untuk berkumur - demi hasil maksimal, lakukan cara tersebut sebanyak 2x dalam sehari diwaktu pagi (bangun tidur) dan malam hari (sebelum tidur). 


12. Kulit Andong
Apa itu kulit andong? Adalah kulit dari tanaman bernama andong. Mungkin orang kota kurang begitu familiar namun jangan salah khasiatnya sangat efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit termasuk pembengkakan gusi karena bersifat antibakterial seperti garam. 

Cara meredakan gusi bengkak dengan kulit andong - siapkan 1 lembar kulit andong (sudah dicuci bersih) - lalu kunyah bersamaan dengan garam di dalam mulut anda -  diyakini proses ini lebih cepat berhasil daripada hanya menempelkanya di bagian gusi saja. Sekarang, tinggal terserah anda bisa memilih salah satu tips berikut.  

13. Kompres Dingin
Seperti pada umumnya, peradangan identik dengan kegiatan kompres-mengompres. Nah jika tujuanya adalah ingin meredakan rasa nyeri yang terlanjut tak tertahankan, maka anda bisa melakukan kompres dingin di area pembengkakakn gusi. 

Caranya simpel, tinggal siapkan pecahan es batu lalu bungkus pakai handuk atau kain - tempelkan ke bagian bawah atau samping wajah - ingat! jangan sampai mengompres langsung ke area gusi karena malah beresiko tinggi terjadi iritasi akibat perubahan suhu yang cenderung dadakan. 

14. Buah Gambir
Buah ini biasanya tumbuh di wilayah pedesaan. Pun sebagian orang meyakini akan khasiatanya sebagai obat herbal untuk mengatasi gusi bengkak. Lantas, bagaiman cara memanfaatkan buah tersebut?

Tips ampuh mengatasi gusi bengkak dengan buah gambir - ambil 3 buah yang sudah dipotong-potong (telah dicuci bersih) - kemudian siapkan kunyit setengah jari dan 2 gelas air - rebus semua bahan ke dalam satu panci, biarkan mendidih - tunggu sampai menyusut dan sisakan 2 gelas air saja - gunakan air rebusan itu untuk berkumur saat kondisi masih hangat -  lakukan rutin 1 atau 2x dalam sehari.

5 Jenis Obat Medis Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

1. Ibuprofen
Obat pertama merupakan obat yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika terjadi pembengkakan gusi. Fungsi utamanya yakni sebagai anti peradangan dan beberapa dokter menyarankan agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ibuprofen, cukup 1-2 kali sehari. 

2. Clindamycin
Obet medis kedua juga efektif meredakan rasa sakit tak tertahankan akibat gusi yang bengkak. Anda bisa meminumnya 3x sehari dalam dosis kecil sekitar 150 mg. Fungsi utama Clindamycin yakni sebagai antibiotik untuk menangkal berbagai macam kuman atau bakteri penyebab gusi bengkak. 

3. Asam Mafenamat
Tidak salah lagi, obat mafenamat dikenal luas oleh berbagai kalangan. Ketika gusi anda mengalami pembengkakan maka dengan mengkonsumsi obat ini akan lebih cepat meredakan nyeri atau rasa sakit yang muncul. Adapun anjuran dosisnya sebanyak 500 mg saja, boleh dikonsumsi 1-2x sehari. 

4. Metampiron
Wajar bila metampiro kurang begitu terkenal karena cukup jarang digunakan oleh tenaga medis terutama dokter. Meski begitu, jangan salah bahwa obat keempat ini mampu berperan aktif sebagai penghilang rasa sakit atau nyeri ketika anda mengalami peradangan termasuk pembengkakan gusi. 

5. Dexamethasone
Dexamathasone juga seringkali digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Anda boleh mengkonsumsinya dalam batas wajar dengan dosis 0,5 mg sekali minum, 1-2x sehari. Fungsi utama obat ini adalah mencegah terlepasnya sel-sel tubuh sebagai penyebab bengkaknya gusi. 

Demikianlah ulasang menarik seputar Obat Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak. Walau cara-cara diatas telah diterapkan sesuai prosedur, tingkat keberhasilan dan prosesnya bergantung pada ketlatenan anda. 

Disisi lain, sebaiknya kurangi atau lebih baik menghindari berbagai macam penyebab gusi bengkak supaya penyembuhanya berjalan cepat dan penyakit tersebut tidak kambuh lagi. Baca juga 15 Tips Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen 



Berlangganan untuk email update gratis: