Macam - Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah

Macam - Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah
Macam - Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah. Seperti yang kita tahu ada beberapa komponan pembentuk tubuh manusia yang keberadaanya begitu penting di dalam tubuh dimana salah satunya darah. Darah di dalam tubuh manusia mengalirkan beragam kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk hidup manusia. Selain itu, keberadaan darah juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh serta mampu mengoptimalkan fungsi otak. Selain peran - peran penting tersebut, ternyata darah juga berkaitan erat dengan kinerja jantung di dalam tubuh manusia. Namun walau demikian, ada beberapa jenis penyakit yang bisa mengakibatkan peredaran darah kita mengalami gangguan.

Beragam macam - macam penyakit pada sistem peredaran darah manusia umumnya terjadi akibat adanya obesitas, pengaruh keturunan, gaya hidup tidak sehat serta kebiasaan merokok. Menghindari hal - hal yang dapat memicu penyakit dalam peredaran darah tentunya sangat diperlukan terlebih jika anda ingin hidup sehat dengan peredaran darah yang sehat pula. Berikut ini merupakan macam - macam penyakit pada sistem peredaran darah yang perlu anda ketahui untuk menjalankan hidup sehat anda:

Penyakit Peredaran Darah

Anemia
Penyakit yang satu ini sering juga disebut dengan penyakit darah rendah. Dengan tidak optimalnya peredaran darah menuju bagian - bagian tubuh serta organ tubuh tertentu maka tidak jarang orang yang mengalami darah rendah kurang bisa maksimal dalam melakukan kegiatan sehari - hari mereka. Macam - macam penyakit pada sistem peredaran darah yang berupa anemia ini tentunya harus segera ditindaklanjuti supaya tdak berkelanjutan.

Hipertensi
Macam - macam penyakit pada sistem peredaran darah selanjutnya adalah hipertensi. Jika anemia adalah tekanan darah rendah, maka hipertensi merupakan tekanan darah tinggi. Penyakit yang satu ini terjadi akibat adanya kondisi tekanan darah yang mengalir pada pembuluh darah melebihi batas normal sehingga menimbulkan komplikasi kesehatan seperti sakit kepala, menjadi mudah emosi atau cepat marah hingga memicu datangnya penyakit kronis. Ada beberapa penyebab datangnya penyakit hipertensi yang antara lain adalah faktor gen, minum minuman keras serta gaya hidup yang tidak sehat dengan banyak mengonsumsi makanan yang berlemak.

Hipotensi
Merupakan kebalikan dari hipertensi yang artinya penyakit dengan tekanan darah rendah. Biasanya tingkat kenormalan diastole dan sistole seseorang itu berada di kisaran 120/70 mmHg sedangkan hipotensi akan diketahui jika angkanya dibawah normla. Ada banyak sekali penyebabnya mulai dari perdarahan pada organ utama jantung, perdarahan menstruasi atau bahkan akibat diet ketat karena mengkonsumsi obat-obatan khusus. Mengenai gejala paling umum antara lain, lesu, letih hingga beberapa orang dapat mengalami pingsan mendadak.

Jantung koroner
Macam - macam penyakit pada sistem peredaran darah lainnya adalah jantung koroner. Hal ini terjadi akibat peredaran darah yang mengalir pada pembuluh darah di dalam tubuh manusia mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan gangguan kesehatan. Selain jantung koroner ada pula jenis penyakit yang terjadi yang masih berhubungan dengan gangguan pembuluh darah yaitu gagal jantung. Penyakit yang satu ini mampu membuat penderitanya mengalami pembengkakan pada paru - paru, pembengkakan pada kaki, mudah lelah serta sesak napas.

Hemofilia
Adalah penyakit bawaan atau genetik dengan tanda khusus yakni ketidakmampuan proses pembekuan darah ketika terjadi perdarahan atau luka. Terjadi karena tubuh tak bisa menghasilkan protein padahal memiliki peranan penting dalam proses pembekuan. Utaamanya, penyakit seperti ini terganggu pada pembentukan sel darah merah. Seharusnya diproduksi secara normal, namun justru mudah pecah sehingga penderita akan kekurangan sel darah merah. Terkait gejala awal, biasanya tampak sejak masa anak-anak (umur 3 tahunan), tak jarang pula disertai kondisi anemia hingga berujung pada kematian.

Leukemia
Tak jarang, orang-orang menyebut penyakit ini dengan kanker darah. Merupakan penyakit kelainan dengan tanda jumlah sel-sel leukosit (sel darah putih) meningkat tak terkendali. Akibatnya, leukosit akan memangsa apapun yang ada didekatnya termasuk sel darah merah. Tentu, penderita bisa mengalami anemia (kekurangan sel darah merah) secara drastis. Padahal seharusnya, kondisi normal sel darah putih di kisaran 7000 milimeter kubik. Untuk gejala klinisnya, penderita lebih cenderung, lemah, lesu, berat badan turun tanpa sebab hingga berkurangnya nafsu makan.

Varises
Pasti sudah pada tahu kan? Varises termasuk penyakit jenis ringan yang seringkali mengganggu sistem peredaran darah. Terjadi karena pembuluh darah balik (vena) mengalami pelebaran alias kehilangan elastisitas dan berkelok-kelok. Akibatnya aliran darah ke jantung terganggu dan berpotensi pula adanya arus balik hingga memicu pengendapan di satu titik pembuluh darah vena. Ada banyak penyebab utama seperti faktor keturunan, obesitas (kegemukan), hamil, umur, dan masalah kesehatan lainya.

Semoga, informasi terkait Macam - Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah diatas dapat menambah wawasan anda sekaligus mewaspadai berbagai jenis penyakit pada peredaran darah. Baca juga Cara Mengatasi Pinggang Yang Sering Sakit



Berlangganan untuk email update gratis: