Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Mimisan merupakan sebuah gejala mengalirnya cairan darah dari dalam lubang hidung, biasnya terjadi jika bagian dalam lubang hidung kita terluka atau tergores sesuatu sehingga mengakibatkan keluarnya darah dari luka tersebut.

Namun mimisan tidak hanya terjadi karena adanya luka dibagian dalam hidung, mimisan juga dapat terjadi karena terlalu lelah dalam berpikir dan bekerja atau mungkin mengidap penyakit tertentu yang dapat memicu mimisan. Dalma bahasan kali ini saya akan membahas tentang penyebab mimisan dan cara mengatasinya dengan tips-tips yang mudah, alami, dan dapat dimengerti.

Faktor penyebab mimisan

  • Faktor yang sering sekali kita jumpai pada seseorang yang sedang mengalami mimisan adalah dimana mereka melukai bagian dalam lubang hidung mereka saat mereka membersihkan kotoran didalam luabang hidung mereka.
      
  • Faktor yang kedua adalah mimisan yang diakibatkan karena seseorang mengidap sebuah penyakit yang menyebabkan keluarnya cairan darah dari dalam hidung pada saat-saat tertentu.
      
  • Faktor berikutnya terjadi mimisan apabila seseorang mengalami kelelahan yang teramat sangat sehingga secara tidak sengaja membuat pembuluh darah didalam hidung pecah dan mengeluarkan darah.
      
  • Faktor strees dan depresi yang begitu berat juga dapat memicu terjadinya mimisan.
Hal-hal tersebut diatas merupakan sebagian besar faktor yang memungkinkan terjadinya mimisan dalam kehidupan kita. Sering sekali kita meremehkan bila terjadi mimisan pada diri kita, namun jika tidak ditangani dengan serius dan benar,justru akan memperparah mimisan yang kita alami. Tips penyebab mimisan dan cara mengatasinya tidak menganjurkan anda para pembaca untuk meremehkan mimisan, tetapi akan memberikan cara terbaik untuk mengatasinya dengan benar apabila terjadi mimisan. Mimisan bukanlah hal yang sepele, namun jika anda mengalami mimisan maka yang anda butuhkan adalah :


Cara mengatasi mimisan

  1. Apabila anda sedang mengalami mimisan,usahakan posisi duduk anda tegap dan kepala mengahadap keatas usahakan agar darah tidak tertelan.Hal ini akan menangkal mengalirnya darah keluar dari dalam hidung.
      
  2. Gunakan sapu tangan, tisu, atau kapas dengan dibasahi air dan diperas kemudian dengan perlahan bersihkan darah yang sudah keluar dari dalam lubang hidung.
      
  3. Dengan menggunakan tisu atau kapas bersih yang dibasahi air,sumbatlah bagian lubang hidung yang mengalami mimisan. Sehingga apabila dengan posisi kepala yang tegap, darah akan tertahan dan tidak akan keluar dari dalam lubang hidung.
      
  4. Jika ada daun sirih, gunakanlah daun sirih yang sudah dicuci bersih untuk menyumbat darah yang keluar dari dalam lubang hidung. Karena daun sirih dapat mempercepat pengeringan luka sehingga memungkinkan untuk darah tidak mengalir dari dalam hidung.
      
  5. Bernafaslah melalui mulut anda untuk mencegah darah ikut terhisap kedalam tenggorokan.
      
  6. Gunakan kompres dingin dan tempelkan pada hidung supaya aliran darah yang keluar dari hidung bisa diperlambat.
      
  7. Apabila darah masih teteap keluar terus menerus selama lebih dari 2 jam maka segeralah pergi ke dokter untuk mengetahui dan mendapatkan penanganan serta perawatan yang lebih baik.
Penyebab dan cara mengatasi mimisan diatas bisa sangat berguna apabila anda mengalami mimisan dan ingin mengerti bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Bukankah mencegah itu lebih bagus daripada mengobati? Baca juga Penyebab ketiak bau tidak sedap.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »