Makanan Untuk Mencerdaskan Anak di Masa Keemasan

Makanan Untuk Mencerdaskan Anak di Masa Keemasan
Makanan Untuk Mencerdaskan Anak di Masa Keemasan. Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan harapan setiap orang tua. Anak yang sehat, aktif dan cerdas akan menghasilkan prestasi yang membanggakan. Saat yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah saat anak dalam masa keemasan atau golden age yaitu saat umur 0-5 tahun karena saat itu otak anak berkembang sangat pesat.

Berbagai faktor dapat mendukung peningkatan kecerdaan anak, salah satu faktor utamanya adalah asupan gizi yang cukup. Tedapat berbagai makanan untuk mencerdaskan anak yang tentunya mengandung gizi yang cukup untuk merangsang kerja dan kecerdasan otak.

Makanan untuk Mencerdaskan Anak 

Kandungan gizi pada beberapa makanan untuk mencerdaskan anak di masa keemasannya dibawah ini dapat menjadi pertimbangan orang tua yang menginginkan anak yang cerdas. Berikut daftar makanan untuk kecerdasan anak anda:
  • Sayuran Hijau
    Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memiliki kandungan vitamin B9 yang dapat mendukung pertumbuhan otak dan daya ingat anak dan kandungan vitamin C serta antioksidan yang menyehatkan sel otak anak.
      
  • Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin E, omega 3 dan mineral yang dapat mensuplai energi untuk otak selama proses belajar, dan mampu melindungi membran saraf otak khususnya pada anak-anak yang sedang berkembang.
      
  • Gandum dan Oat
    Gandum dan oat merupakan dua sumber serat dan glukosa yang dapat menyediakan kebutuhan energi, dan kandungan serat dapat mengatur pelepaan glukosa dalam tubuh. Kandungan vitamin E, vitamin B, potasium, seng dalam makanan ini membuat fungsi otak berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan sistem saraf otak anak.
      
  • Buah-buahan
    Buah-buahan khususnya buah berry mengandung antioksidan, vitamin C dan bijinya juga mengandung omega 3 akan memperbaiki fungsi daya ingat.
      
  • Ikan Salmon
    Ikan salmon adalah sumber terbaik omega 3, DHA dan EPA yang penting untuk perkembangan otak dan merangsang otak berfikir tajam.
      
  • Telur
    Bagian kuning memiliki kandungan kolin yang dapat membantu daya ingat dan memori otak.
      
  • Susu dan Yogurt
    Makanan yang berasal dari susu mengandung vitamin B, vitamin D, protein yang bermanfaat untuk sistem saraf otot, regenerasi sel tubuh dan otak, neurotransmitter dan enzim.
Cara memberikan asupan makanan tersebut adalah dengan melewati ibunya saat anak anda belum boleh mendapatkan makanan pendamping ASI (MP ASI), setelah anak berumur 6 bulan keatas anda dapat memberikan makanan untuk mencerdaskan anak tersebut dengan melumatkan dan menjadikannya sebagai MPASI.
  
Selain beberapa makanan untuk mencerdaskan anak tersebut, orang tua juga harus memberikan latihan dan merangsang kecerdasan berfikir anak seperti melakukan game pengasah otak, mengajak anak keluar rumah untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Hal itu akan merangsang kecerdasan berfikir dan sosial anak. Baca juga Macam-macam penyakit jantung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »