Kenapa Jantung Berdetak Kencang? dan Cara Mengatasinya

Kenapa Jantung Berdetak Kencang? dan Cara Mengatasinya
Kenapa Jantung Berdetak Kencang? dan Cara Mengatasinya. Jantung merupakan organ vital manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kita dapat merasakan jantung kita berkerja dengan meletakkan tangan ke dada kiri kita. Detak dan denyut yang kita rasakan itulah yang menandakan jantung kita berkerja. Pernahkah anda merasakan jantung anda berdetak lebih kencang sebelum atau sesudah sebuah suatu kegiatan dan kejadia terjadi? Lalu apakah anda pernah bertanya-tanya kenapa jantung berdetak kencang? Adakah yang salah? Apa penyebabnya? Lalu bagaimana cara menanganinya?

Jika pertanyaan itu ada dibenak anda. Maka anda harus membaca artikel ini sampai akhir karena kami akan menjelaskan penyebab kenapa jantung berdetak kencang? dan cara mengatasinya.
Pertama, Kenapa Jantung Berdetak Kencang?

Detak jantung rata-rata manusia adalah 60-100 kali per menit. Jika jantung berdetak kencang melebihi jumlah detak jantung normal jangan langsung menyatakan anda sakit jantung, karena banyak faktor penyebab selain itu, seperti berikut:


Penyebab Jantung Berdetak Kencang

Kepanikan
Kepanikan yang mengakibatkan perasaan cemas, stress, takut dan peningkatan adrenalin akan membuat jantung anda berdetak lebih kencang.

Konsumsi obat-obat tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu sering mengakibatkan efek samping berupa detak jantung lebih cepat eperti pada obat batuk yang mengandung pseudoephedrine.

Gaya hidup
Kebiasaan yang anda lakukan seperti olahraga, kerja terburu-buru, merokok, minum minuman keras serta kafein yang biasa terdapat pada kopi akan mengakibatkan jantung berdebar lebih kencang.

Tekanan darah tinggi
Penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang terjadi pada penderita darah tinggi dapat memperberat kerja jantung, sehingga jantung akan berdetak kencang saat bekerja.

Penyakit Jantung
Ini merupakan penyebab jantung berdetak lebih kencang yang biaa menjadi pembunuh utama. Anda harus waspada jika mengalami jantung yang berdetak cepat tanpa alasan dan itu berlangsung lama, selain itu rasa nyeri yang tajam seperti tertusuk di bagian dada kiri anda. Karena itu merupakan gejala penyakit jantung.


Mengatasi Jantung Berdetak Kencang

Penanganan yang tepat dan cepat dapat menghindarkan dari masalah yang lebih serius. Berikut beberapa cara mengatasi jantung yang berdetak kencang :
  1. Kelola perasaan anda
    Perasaan panik, cemas, stress yang berlebihan akan memperburuk kaadaan. Cobalah untuk mengontrol perasaan itu dengan mengatur pola pernafasan kita, yoga, dan bersantai.
      
  2. Mandilah dengan air dingin
    Mandi dengan air dingin akan mengembalikan detak jantung anda ke keadaan normal seperti sebelumnya.
      
  3. Hindari faktor pemicu
    Hindari kebiasaan merokok, minum kopi dan minuman keras, kerja yang terburu-buru, obat-obatan yang berefek samping, dan lain sebagainya. Kebiasaan tersebut dapat memicu jantung berdetak cepat.
      
  4. Olahraga ringan
    Olahraga yang ringan sangat membantu menyehatkan jantug, mengurangi stres dan memperlancar metabolisme dan aliran darah anda.
Begitulah beberapa alasan kenapa jantung berdetak kencang? dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi kesehatan anda. Baca juga Gejala HIV/AIDS.

Berlangganan untuk email update gratis: