Penyebab dan Obat Alami Kekurangan Darah

Penyebab dan Obat Alami Kekurangan Darah
Penyebab dan Obat Alami Kekurangan Darah. Penyakit kekurangan darah atau anemia merupakan keadaan dimana menurunnya jumlah sel darah merah (hemoglobin) di bawah normal. Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan beberapa gangguan, hal itu dikarenakan fungsi dari sel darah merah yang begitu penting yaitu menyangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Pengobatan menggunakan obat-obatan kimia tidak baik untuk dikonsumsi terus menerus. Oleh karena itu penting untuk mengetahui penyebab, gejala dan obat alami kekurangan darah (anemia) sehingga kita dapat mengetahui penanganan apa aja saat kita kekurangan darah.

Penyebab dan Obat Kekurangan Darah

Genetika
Ada beberapa kasus kekurangan darah karena beberapa unsur hemoglobin sangat sedikit, sehingga mudah mengalami kekurangan darah.

Kekurangan Zat Besi dan Vitamin B12
Kekurangan unsur ini dapat mengganggu proes pembentukan sel darah, sehingga mudah mengalami kekurangan darah.

Pendarahan
Saat kita kehilangan banyak darah akibat kecelakaan, persalinan, pembedahan dan kejadian lain dapat mengakibatkan kekurangan darah.

Kekurangan Asam Folat
Hal ini biaa dialami saat kehamilan.

Gangguan Sum-Sum Tulang
Hal ini merupakan akibat adanya metase sel kanker dalam tubuh.

Gejala Kekurangan Darah
Gejala kekurangan darah dapat dilihat dari beberapa hal seperti:
1. Kelopak mata pucat
2. Mudah lelah
3. Sering mual
4. Sakit kepala
5. Sesak nafas
6. Denyut nadi tidak teratur
7. Wajah pucat
8. Rambut rontok
9. Menurunnya kekebalan tubuh

Obat Alami Kekurangan Darah

1. Konsumsi Banyak Makanan yang Mengandung Zat Besi
Zat besi merupakan unsur yang sangat pening dalam pembentukan hemoglobin yang merupakan pemegang peranan dalam pembentukan warna merah dalam darah merah. Beberapa bahan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti: Bayam duri, daun kacang panjang, kangkung, daun singkong, berbagai sayuran berwarna hijau, daging merah, hati, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi makanan yang mengandung Asam Folat (vitamin B9)
Asam folat banyak terdapat dalam roti, sereal, polong-polongan.

3. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) sangat membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Sehingga membantu proses produksi sel darah merah. Vitamin C banyak terdapat buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, kiwi, brokoli dan lainnya.

4. Olahraga Teratur
Kombinasikan obat alami kekurangan darah tersebut dengan olahraga secara rutin agar peredaran darah menjadi lancar.

Sekian informasi tentang penyebab, gejala dan obat alami kekurangan darah (anemia). Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi kekurangan darah anda. Jangan mudah memutuskan memilih pengobatan kimia karena selain memberikan efek samping, kandungan dalam obat kimia juga belum tentu cocok dan baik untuk anda. Baca juga Tips Merawat Kuku Agar Mengkilap 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »