Ciri-Ciri Remaja Hamil

Ciri-Ciri Remaja Hamil
Ciri-Ciri Remaja Hamil. Masa remaja adalah masa yang sangat menyenangkan, tapi juga sangat mengkhawatirkan. Hal itu dikarenakan remaja masih labil hingga mudah dipengaruhi, selain itu remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan dorongan tinggi untuk mencoba hal yang baru. 

Karena hal-hal tersebut, perilaku remaja sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan teman dekatnya. Lingkungan dan teman yang buruk akan menjerumuskan remaja ke perilaku yang tidak pantas yang berakibat panjang untuk masa depannya, salah satu akibat pergaulan bebas adalah kehamilan diluar nikah. Tentu para orangtua tidak menginginkan hal itu terjadi pada anaknya. Penting mengetahui ciri-ciri remaja hamil untuk dapat menindaklanjuti anak yang terlanjur hamil. 

Ciri-Ciri Remaja Hamil

Kehamilan remaja adalah kehamilan yang berlangsung pada umur 15-19 tahun sedang rata-rata wanita hamil pada umur 19 tahun. memang ciri-cirinya tidak terlalu jauh berbeda seperti:
  1. Buah dada membesar
    Saat hamil akan terjadi perubahan hormon sehingga membuat payudara lebih sensitif. Selain itu puting gelap dan besar, serta payudara terasa sakit, kencang dan besar.
      
  2. Bentuk tubuh berubah
    Ciri remaja hamil selanjutnya adalah perubahan bentuk tubuh khususnya bagian perut, dada dan paha.
      
  3. Mual dan muntah
    Penyebab mual pada perempuan hamil adalah karena ada peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gunadotrophin) dalam darah. Biasanya ciri-ciri remaja hamil yang satu ini terjadi saat pagi hari, makanya biasa disebut.
      
  4. Lebih sensitif
    Remaja perempuan akan lebih sensitif saat hamil. Sensitivitas bisa terhadap bau hingga mual atau muntah atau menjadi lebih perasa, mudah marah dibandingan biasanya.
      
  5. Mudah lelah
    Saat hamil, terjadi peningkatan hormon progesteron sehingga membuat remaja hamil cepat lelah dan mengantuk.
      
  6. Sering buang air kecil
    Perempuan hamil sering buang air kecil karena janin dalam rahim yang berkembang dan cairan tubuh yang meningkat.
       
  7. Mengidam
    Memang belum ada alasan ilmiah tentang hal ini, tapi biasanya perempuan hamil akan uka dan ingin memakan makanan yang aneh.
       
  8. Terlambat menstruasi
    Ciri-ciri remaja hamil yang terakhir adalah terlambat mentruasi. Pada perempuan yang telah terbiasa mengalami menstruasi yang teratur tapi tiba-tiba jadi terlambat atau tidak mengalami menstruasi, bisa jadi itu karena hamil.
Perhatian dan pengetahuan dari orang sekeliling tentang Ciri-Ciri Remaja Hamil dapat membantu dalam mengetahui apakah remaja terebut hamil, hingga dapat dilakukan dan diseleaikan permasalahan tersebut. Ingat, hamil di usia remaja selain akan merusak masa depan, dan menjadi aib keluarga juga dapat mengganggu kesehatan sang ibu.

Tapi juga bukan berarti guna menutupi aib, remaja melakukan aborsi atau pembunuhan karena bayi tidak berdosa dan bayi adalah tanggung jawab orang tua. Baca juga Penyebab perut buncit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »