Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa. Mungkin anda pernah merasakan lupa saat ingin melakukan sesuatu. Kalau orang yang sudah tua merasakan tiba-tiba lupa (pikun) merupakan hal yang wajar, akan tetapi jika anda masih muda dan masih dalam usia produktif tapi sering lupa, jangan sepelekan hal itu. Penyakit lupa harus segera ditangani, karena hal itu akan sangat mengganggu aktivitas anda yang selalu aktif khususnya bagi pekerja dan pelajar.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa yang harus anda ketahui. Pengetahuan tentang penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa akan membantu anda memutuskan penanganan yang tepat yang harus anda lakukan sebelum penyakit menjadi parah. Berikut beberapa penyebab penyakit lupa :

Penyebab Penyakit Lupa

Stress atau Depresi 
Saat anda mengalami stress dan depresi yang berkepanjangan maka otak sulit berkonsentrasi sehingga akan mengalami kesulitan dalam menyimpan informasi.

Kurang Tidur
Saat kondisi anda kurang tidur maka otak akan lelah dan menjadikan kerjanya kurang maksimal sehingga penyakit lupa akan mudah menghampiri.

Mengkonsumsi Alkohol
Saat anda mengkonsumsi alkohol maka otak akan terpengaruh dan menjadikan anda tidak dapat mengendalikan pikiran akibat alkohol yang memabukkan. Awalnya akan terjadi hanya saat anda mabuk. Tapi jika anda terlalu sering mabuk, maka penyakit lupa akan memburuk.

Alzheimer
Penyakit alzheimer ini merupakan jenis demensia umum yang ditandai dengan melemahnya daya ingat hingga gangguan otak. Pada tahap yang parah maka penderita dapat mengalami halusinasi bahkan sampai tidak dapat menjalankan aktivitasnya tanpa orang lain.

Konsumsi Obat tertentu
Konsumsi terus menerus berbagai macam obat yang memberikan efek tenang dan menyebabkan gangguan ingatan. 

Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Penanganan yang cepat dan tepat bagi penderita akan cepat mengurangi akibat dari penyakit lupa. Berikut adalah cara mengatasi penyakit lupa:
  1. Kembali Kepada Gaya Hidup Sehat
    Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan hal hal berikut ini:
    Konsumsi makanan yang bergizi.
    Istirahat yang cukup.
    Olahraga secara rutin agar memperlancar peredaran oksigen dalam otak.
    Minum air putih yang cukup.
    Hentikan kebiasaan minum alkohol.
      
  2. Konsumsi Vitamin E
    Vitamin E dapat meningkatkan kerja otak. Makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan.
      
  3. Konsumsi Makanan Mengandung Choline
    Makanan yang mengandung cholie dapat membantu meningkatkan daya fikir dan daya ingat. Makanan yang biasa mengandung cholie adalah seperti hati ayam, kedelai dan telur.
      
  4. Membuat Catatan
    Catatlah hal yang penting untuk anda ingat.
      
  5. Lakukan Tes otak
    Tes otak atau latihan otak dapat meningkatkan kerja otak secara efektif.
Selamat mempelajari dan mempraktekkan Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa untuk kehidupan yang lebih aktif dan lebih sehat lagi.  Baca juga Mengatasi Sakit Gigi Dengan Mudah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »