Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya

Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya
Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya. Push up sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena push up adalah sebuah olah raga yang sering kita lakukan pada saat kita masih duduk dibangku sekolah, dan bahkan untuk sekedar berolah raga push up juga sering kita lakukan untuk menyehatkan tubuh kita. Tapi apakah kita tahu bagaimana cara push up yang benar dan manfaatnya? karena jika kita tidak melakukannya dengen benar maka push up bukan malah bermanfaat bagi kita, melainkan akan menimbulkan hal yang buruk bagi badan kita.

Hal yang kita ketahui bahwa semua olah raga harus kita lakukan dengan benar, begitu pula dengan push up. Jika kita mengerti bagaimana cara melakukan push up dengan benar, maka manfaat positifnya akan dapat kita rasakan pada tubuh kita.


Cara Push Up yang Benar

  1. Cara push up yang benar dan manfaatnya yang pertama adalah pastikan posisi pundak, pinggang, dan kaki kita harus sejajar lurus. Karena sering kali kita melihat posisi push up seseorang yang tidak sejajar antara pundak, pinggang, dan kakinya. Push up dengan posisi yang tidak benar, tidak akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, apa lagi bagi kita yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Karena cara push up yang salah akan mengakibatkan kakunya otot-otot pada tubuh kita dan bisa menyebabkan terkilir atau bahkan kram pada bagian tubuh tertentu.
       
  2. Gunakanlah telapak tangan jangan menggunakan kepalan tangan. Karena bagi kita yang jarang sekali melakukan push up dan apabila kita push up dengan posisi telapak tangan kita mengepal akan sangat beresiko terkilirnya jari tangan kita. Sehingga usahakan posisi telapak tangan kita terbuka dan mengahadap langsung kelantai atau matras.
       
  3. Pastikan posisi kedua kaki kita harus rapat. Karena dengan posisi kaki kita yang merapat dapat membantu keseimbangan pada tubuh kita. Banyak orang berpikir lebih mudah melakukan push up dengan posisi kaki kita agak terbuka lebar, sebenarnya posisi seperti itu tidak dianjurkan karena dengan posisi tersebut keseimbangan kita tidak akan terlatih dengan baik dan kita tidak mendapatkan manfaatnya.
       
  4. Cara push up yang benar dan manfaatnya yang selanjutnya adalah tentang cara kita bernafas saat melakukan push up. Apabila kita tidak bisa mengatur pernafasan kita, maka kita akan menjadi cepat kelelahan saat sedang melakukan push up. Jadi usahakan aturlah pola pernafasan anda saat sedang push up.
        
  5. Saat melakukan gerakan push up kita harus tetap memperhatikan sikap posisi tubuh kita, dimana pada saat kita turun maka tekukan siku kita harus menempel atau berdekatan pada otot sayap kita.
        
  6. Apabila semua cara diatas kita lakukan dengan benar maka kita akan mendapatkan manfaat yang positif, selain tubuh kita menjadi sehat, bentuk tubuh kita juga akan menjadi ideal. Kita akan mendapatkan postur tubuh yang atletis jika kita mempraktekan cara push up yang benar dan manfaatnya.
Apabila kita membaca tips bagaimana cara push up yang benar dan manfaatnya diatas dan kita mempraktekannya, maka kita bisa mendapatkan hasil yang seperti kita inginkan. Karena cara push up yang benar dan manfaatnya seperti contoh diatas merupakan salah satu cara agar kita bisa mendapatkan manfaat saat kita melakukan push up dan kita bisa terhindar dari hal yang tidak kita inginkan. Biasakan pemanasan terlebih dahulu sebelum kita berolah raga agar otot-otot kita tidak kaku pada saat kita berolah raga. Salam sehat! Baca juga Tips menjaga kesehatan ibu hamil.

Berlangganan untuk email update gratis: