Ciri - Ciri Ikan Awetan dan Tanpa Awetan

Ciri - Ciri Ikan Awetan dan Tanpa Awetan
Ciri - Ciri Ikan Awetan dan Tanpa Awetan. Saat memilih jenis ikan yang akan anda konsumsi sehari - hari, tentunya anda diharuskan teliti dan waspada karena salah dalam memilih bahan makanan maka kesehatan anda beserta keluargalah yang terancam. Sekarang ini terdapat banyak sekali pedagang nakal yang menjual ikan yang telah diberi formalin sebelumnya supaya lebih awet sehingga bisa tahan lama ketika dijual.

Formalin sendiri merupakan zat yang umumnya digunakan untuk mengawetkan jenazah dan akan berbahaya sekali jika tertelan manusia. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai ciri - ciri ikan awetan dan tanpa awetan yang bisa anda jadikan pedoman saat memilih bahan makanan satu ini.

Ciri- ciri ikan awetan dan tanpa awetan bisa membantu anda dalam memilih jenis ikan yang masih dalam keadaan bagus. Berikut ini akan ulas tentang bagaimana cara membedakan antara ikan yang diberi pengawet maupun yang aman dari pengawet.
 

Ikan Tanpa Pengawet

  • Untuk ikan tanpa pengawet biasanya mudah rusak atau bahkan membusuk terlebih jika anda tidak menyimpannya dalam lemari pendingin.
  • Ikan tanpa pengawet bisa dengan mudah mengundang datangnya lalat
  • Dagingnya lunak dan ketika disentuh dagingnya tidak akan kembali bentuk semula.
  • Memiliki bau yang segar dan terkadang masih tercium aroma lautnya.
  • Insang ikan masih terlihat segar dan cerah.
      

Ikan yang Diberi Pengawet


  • Ikan bisa tahan beberapa hari tanpa dimasukkan kedalam lemari pendingin.
  • Tidak mengundang lalat untuk hinggap datang bahkan di tempat yang banyak terdapat lalatnya sekalipun.
  • Baunya busuk seperti bau bangkai ikan.
  • Tekstur dagingnya lebih kenyal.
Ciri- ciri ikan awetan dan tanpa awetan di atas bisa anda jadikan pedoman mencari ikan yang masih sehat dan segar saat berada di pusat perbelanjaan. Anda hanya membutuhkan ketelitian untuk mengamati apakah ikan yang akan anda beli masih dalam keadaan bagus atau tidak. Keberadan formalin sekarang ini bukan hanya pada ikan saja melainkan ada beberapa jenis makanan pula yang diawetkan menggunakan formalin. Hal ini bertujuan supaya ketika dagangan yang tengah dijual tidak laku, maka mereka bisa menjualnya lagi di lain waktu. Banyak penjual yang sadar akan bahaya formalin tersebut namun tetap tidak mengindahkan resiko bagi pada pelanggannya.

Hal ini semata - mata dilakukan untuk mengumpulkan banyak dan lebih banyak lagi keuntungan untuk memperkaya diri sendiri. Karena ketidakacuhan pembeli ini maka anda sebagai pelanggan terutama bagi kaum wanita yang ingin selalu menyajikan hidangan yang terbaik untuk keluarga tercinta maka kecermatan anda akan selalu dibutuhkan dalam memilih bahan makanan yang terbaik. Makanan yang anda sajikan untuk keluarga pastinya memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan mereka. Untuk itu, mengetahui Ciri- ciri ikan awetan dan tanpa awetan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Baca juga Cara mengencangkan kulit wajah.

Berlangganan untuk email update gratis: